About Pematangsiantar

Pematangsiantar adalah tempat asal saya, saya sebenarnya lahir di Batam Kepulauan Riau namun saya lebih lama tinggal di Sumatera Utara atau lebih tepatnya di Kota Pematangsiantar, Pematangsiantar adalah kota yang di kelilingi oleh kabupaten Simalungun. Kota pematangsiantar dapat ditempuh selama  ±3-4 jam menggunakan kendaraan pribadi,bus ataupun kereta api dan sekitar 3 jam-an dari Bandara Kualanamu.

Pematangsiantar terletak di lokasi yang dekat denagn tempat wisata terkenal di sumatera utara yaitu Danau Toba jaraknya sekitar 50 km dari Kota Pematangsiantar pada hari biasa dapat di tempuh selama 1 jam atau lebih ini di karnakan jalan yang berkelok-kelok namun bila pada hari libur atau saat ada Festival Danau Toba bisa memakan waktu yang sangat lama.

Di Kota Pematangsiantar kami memiliki ikon kota yang merupakan kendaraan umum berupa becak, becaknya bukan becak sepeda melainkan “BeTor”  Becak Motor, motor yang di pakai juga bukan motor biasa yang merupakan keluaran modern melainkan motor yang motor yang sudah keluar sejak Perang Dunia II antara tahun 1941-1942. Motor itu adalah BSA M20 yang banyak terdapat di Pematang Siantar. BSA adalah The Birmingham Small Arms Company Limited, sebuah perusahaan dalam bidang manufaktur militer yang menyuplai persenjataan tentara Inggris. Sepeda motor BSA M20 inilah yang banyak digunakan tentara-tentara sekutu setelah masa pendudukan Jepang di Pematang Siantar. Sepeda motor rongsokan sisa-sisa peninggalan tentara sekutu inilah yang akhirnya diubah oleh masyarakat Pematang Siantar menjadi becak-becak yang banyak beredar seperti sekarang.

Selain Becak motor di Siantar kami juga ada makanan yang jika kamu ke Siantar pasti akan disarankan oleh-oleh yang berupa roti ini, oleh-oleh roti  namanya “Roti Ganda” Roti Ganda sebenarnya adalah nama tokonya. Roti yang dijual sebenarnya sangat simpel berupa roti yang dioleh oleh srikaya ataupun meses, Namun Roti Ganda ini sudah sangat terkenal bila anda tanya tentang roti ganda pasti semua orang akan tau karna roti ini sudah sangat terkenal.

Itulah beberapa keunikan tentang Kota Pematangsiantar versi saya walaupun pastinya masih banyak lagi. Saya ucakan terima kasih telah berkunjung ke blog saya. Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *